Senin, 10 Januari 2011

Sedikit Opini terhadap Pelayanan Publik

Pelayanan publik apapun bentuknya menurut saya adalah bentuk tanggung jawab pemerintah untuk memberikan barang dan jasa kepada masyarakat. Bentuk pelayanan publik yang umum adalah pendidikan kesehatan keamanan dan pelayanan lain-lain. Namun, terkadang pelayanan publik ini terkesan buruk di mata masyarakat baik terkait aturan yang ribet, biaya yang dinilai terlalu tinggi dikenakan pengguna layanan serta bentuk diskriminasi. berikut sedikit ulasan mengenai pelayanan publik dalam beberapa bidang:

Pelayanan Kesehatan
Secara umum sering kita dengar kalau terdapat banyak diskriminasi dalam pelayanan kesehatan. Utamanya dalam status sosial misal pembedaan loket untuk pengguna askes dan non pengguna askes. Selain itu ada pula peletakan pasien dalam kamar yang terkadang kurang sesuai misal satu ruang digunakan 12 pasien. bahkan ada pasien yang diletakkan di ruang tunggu karena alasan administrasi belum lengkap, biaya yang belum dilunasi dan berbagai alasan yang mengesampingkan rasa kemanusiaan. Namun untungnya hal tersebut tidak terjadi di semua badan layanan kesahatan di Indonesia. di Puskesmas Bener kampung saya. saya tidak ragu menggunakan askes karena berdasarkan pengamatan saya pengguna askes maupun non pengguna askes mendapat perlakuan yang sama.  Selain itu di RSU Purworejo saya pernah menganta adik kelas saya karena dia terkena serangan jantung di sekolah begitu sampai rumah sakit dia langsung mendapat penanganan sedangkan kami yang mengantar mengurus administrasi.

Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaran Bermototr
Sebenarnya saya kurang tau bagaimana keadaan pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor di kota lain. tetapi di Purworejo. Pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor sangat baik. di depan kantor tempat membayar pajak tersebut terdapat tempat fotokopi yang ditangani langsung oleh aparat sehingga kalau  kita membutuhkan informasi tentang apa saja yang akan difotokopi kita bisa bertanya di sana. Selain itu di loket administrasi kita mendapatkan map untuk diserahkan ke petugas dalam. setelah menyerahkan map kita akan mendapatkan nomor tunggu. proses tersebut berlangsung dengan lancar dan menurut saya tidak terlalu lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar